Cara Install Windows XP di Laptop/Notebook dan Netbook

Kali ini saya mempostingkan tentang bagaimana cara meng-install WindowsXP di Laptop/Notebook dan Netbook yang notabennya atau kebanyakan orang-orang mengatakan "Laptop/Notebook dan Netbook sekarang gak bisa pake WinXP, cuma bisa Windows 7 doank...". Semua itu salah besar! karena WindowsXP belum sepenuhnya ditinggalkan, mengingat masih banyaknya Developer Software dan Games masih cenderung men-develop-kan ke WindowsXP.

Di Windows 7 (Seven) masih banyak software-software dan game-game masih sulit diakses dikarenakan perbedaan architecture dan kernel.Memang ada cara di Windows 7 untuk mengakses software & game dengan meng-klik kanan pada EXE program --> properties --> compatibility --> run as Windows XP . Tetapi Hanya pada beberapa Software & Game. Terus ada solusi kedua dengan menggunakan VMware memang dengan menggunakan Software ini (VMware), kita bisa langsung jalankan software-software & game-game XP di Windows 7, tanpa perlu menginstall WinXP atau Memvirtualisasikan dengan Virtual Mechine.

Tetapi menjalankan Game dengan VMware masih banyak kekurangannya, game yang ditampilkan akan tidak sesuai dengan VGA komputer. Lagipula VMware hanya dapat menampilkan pada ukuran VGA 64 MB meskipun VGA Komputer Anda Bagus, VMware akan tetap membaca VGA Anda 64 MB. Ini memungkinkan Gambar pada Game akan sedikit patah-patah bahkan tidak jalan sama sekali, karena hasil virtualisasi dengan VGA 64 MB. Untuk itu solusi yang terbaik adalah mengganti / men-downgrade Windows 7 Anda ke Windows XP. Bagi Anda yang MANIAK dengan GAME sama seperti saya tanpa neko-neko udah ganti aja Windows 7 Anda, menjadi Windows XP, tapi kalau emang masih CINTA dengan Windows 7 yaudah gak usa praktek.. tinggalin aja ni... tapi gak salah liat postingan saya lumayan buat nambah ilmu

Ini pengalaman saya, ketika saya membeli Netbook HP untuk sang kekasih wkwkwkw . Saya bertanya ke penjualnya, "Mas..Mas.. ini Netbook HP kosongkan, gak ada OS nya", dijawab "iya, tapi kami akan meng-install-kan Windows 7 dengan harga promo!", karena saya berfikir kalau beli Netbook yang udah ada OS nya pasti harganya jadi MAHAL karena OS yang diberikan pasti Asli. Terus saya pura-pura bego dan bertanya ke penjualnya, "kalo misalnya saya Install Windows XP bisa di Netbook ini, Mas?". Terus penjual tersebut bilang "Netbook ini gak bisa pake Windows XP, bisanya cuma Windows 7", pikir saya dalam hati "Busyet...!! deh mana mungkin gak bisa pake Windows XP orang Drivernya ada buat XP" . Saya jawab ke penjualnya "kenapa gak bisa mas!", dia jawab "Emang dari Sananya"

Karena pura-pura bego Akhirnya saya mengalah, dan akhirnya diinstali Windows 7, dengan penambahan harga cuma Rp.100.000,-. Kemudian saya pulang kerumah, pikir saya "biari aja apa di kasih Windows 7". Pas saya pangen maen Game ONET loh.. ko gak jalan di Win7, akhirnya gue biarin aja, soalnya cuma game kecil aja yang dibuat pake VB6.

Pas saya Install Antivirus pake Avast 5 Free + Update Terbaru, udah selesai Install tuh.. tiba-tiba Netbook saya terasa berat, lemot!! , setelah kira-kira 10 menit keluar di Avast saya VIRUS terdeteksi "VIRUS Almanahe lagi..." mampus dah... OS baru kena virus, fikir saya, dikirain OSnya Asli pas Cek Geniuene ternyata bajakan BUSYET...!! DEH Pates aja kok OS Original harganya cuma Rp.100.000,- . Akhirnya tanpa panjang lebar udah Saya Format Aja!! ganti pake WindowsXP biar sekalian mau tuh semua software-software dan game-game yang saya punya, sekaligus buat ngebuktiin Netbook HP yang saya beli bisa di Install Windows XP.

Karena Netbook bukan Laptop/Notebook yah.. tidak punya CD/DVD ROM, akhirnya saya buatkan booting dan Installasi Windows XP lewat Flashdisk. Yang sebelumnya Windows XP saya udah ditambahkan SATA Controller (AHCI) Intel. Jadi saya tinggal buat aja, Windows XP lewat Flashdisk menggunakan WinToFlash. Begitulah kisah saya

Persiapan Peralatan Sebelum Melakukan Experiment

Dari kesimpulannya dari cerita saya di atas begini, untuk beberapa Laptop/Notebook dan Netbook yang harddisknya menggunakan SATA, pada umumnya jika ingin beralih ke WindowsXP dibutuhkan Driver tambahan yakni AHCI SATA Controller untuk Mainboard Intel, dan AHCI SATA RAID Controller untuk Mainboard AMD.

1. Bagi Anda yang belum memiliki Driver-Driver tersebut saya punya Driver Standarnya untuk AHCI SATA Controller dan AHCI SATA RAID Controller silahkan di download Gratiss Kok hehehe
Untuk Mainboard - Processor INTEL
Intel Standard AHCI SATA Controller (AHCI 6 s/d 9)

Untuk Mainboard - Processor AMD
AMD Standard AHCI SATA Controller (RAID7xx)
PERHATIAN!!!! Driver-driver di atas merupakan driver-driver standard yang banyak digunakan di Laptop/Notebook dan Netbook, ada baiknya di cek dulu sebelum Anda download driver-driver di atas, kemungkinan SATA Controller yang Anda gunakan bisa jadi yang terbaru.


2. CD Windows XP, terserah mau bajakan atau asli, yang penting sesuai dengan kebutuhan

Bagi Anda yang belum punya CD Windows XP, Anda Dapat mendownload Windows XP ini, yang sudah di-Upload-kan di MEDIAFIRE ( Enak..CEPET Bisa pake IDM, bisa di Resume pula hehehe ) yang pasti Windows yang di-Upload-kan Bajakan, kalo mau yang asli ya.. beli donk masa di-download gratisan kwkwkwk


Download Windows XP Service Pack 3 (English Version, 500 MB)
Atau juga bisa download yang ini, saya pake yang ini kok..

Download Windows XP Turbo 3D Service Pack 3 2010

3. Bagi yang sudah punya CD Windows, langkah yang Anda harus lakukan hanya men-download program N-LITE, klik link berikut untuk mendownload:
http://www.nliteos.com/download.html
PERHATIAN!! N-Lite Membutuhkan .Net Framework 2.0 SP 1 atau lebih, klik link .Net Framework (Offline) asli dari mikocok (Micorsoft) berikut untuk mendownload :
.NET Framework Client Profile Offline Installer
.NET Framework 3.5 Setup
.NET Framework 3.5 Setup Service Pack 1
.NET Framework 3.0 Setup
.NET Framework 2.0 Setup
4. Kemudian, peralatan lain yang dibutuhkan adalah program WinToFlash, program ini dibutuhkan untuk Netbook saja, karena Netbook tidak menggunakan CD/DVD ROM, klik link berikut untuk mendownload :
http://wintoflash.com/download/en
5. Hanya Opsional aja , dibutuhkan Magicdisc atau Deamon Tool, progrm Virtual CD/DVD untuk me-mounting-kan ISO, atau isitilah lain Drive CD/DVD boongan Program ini TIDAK WAJIB hanya digunakan bagi Anda yang males pake CD aja Bagi pengguna Netbook program ini menjadi WAJIB dimiliki, karena yang emang gak ada CD/DVD ROM nya.

Langkah-Langkah Menginstall Windows XP (Lewat CD dan USB Flashdisk)
  1. Masukan CD WindowsXP Anda ke CD/DVD ROM atau Mount-kan ISO WindowsXP.
  2. Buka program N-Lite Anda, kemudian tentukan di mana letak (path) Drive CD Windows XP.
  3. Klik Next, kemudian WAJIB pilih opsi DRIVERS dan BOOTABLE ISO, buat yang lain Opsional aja Suka-Suka saya suka opsi Unattended, karena opsi ini bisa otomatis pada saat Install Windows, gak perlu lagi masukin Serial Number heheheh
  4. Kemudian klik next, Masukan Driver SATA Controller nya. Pilih SALAH satu Driver aja, kalau Anda pengguna Mainboard Processor INTEL, pilih yang Driver buat INTEL, kalau pengguna AMD ya.. pilih Driver buat AMD juga.
  5. Masukan Driver-Driver (untuk pengguna INTEL). Kemudian Pilih Textmode Driver.

    Masukan Driver-Driver (untuk pengguna AMD). Kemudian Pilih Textmode Driver.
    PERHATIAN!! Untuk pengguna AMD pastikan, Windows yang Anda gunakan Windows XP 32 bit atau Windows XP 64 bit, kalau 32 bit pilih Driver yang x86, kalau 64 bit pilih Driver yang x64.
  6. Gak Wajib, hanya opsional aja bagi yang gak mau ribet Masukin Serial Number, Regional Setting, Computer Name, Users, dll pada saat Windows XP di install.
    Opsi ini bisa langsung di lewati kalau emang Anda gak suka dengan yang ini, dengan mengklik Next.
  7. Proses pengumpulan paramenter akan berjalan, kemudian klik Make ISO, dan proses pembuatan ISO akan berjalan. Dan Klik Next... selesai deh! Pembuatan Windows XP dengan Driver SATA Controller.
Langkah selanjutnya adalah bagi Anda yang ingin mejalankan installer Windows XP ini melalui CD, Anda bisa langsung Burning dengan Nero Burning ROM atau dengan ImgBurn yang Gratisan hehehe . Bagi Anda yang ingin menjalan installer Windows XP melalui USB Flashdisk, yang harus Anda lakukan adalah menjalankan program WinToFlash. Berikut tutorial cara pembuatannya.
  1. Buka program WinToFlash pilih "Mode Lanjutan" JANGAN pilih "Mode Wizard". Kemudian pilih "Transfer Windows XP/2003 (x86/x64) setup untuk USB drive".
  2. Masukan Path (alamat) Drive CD/DVD ROM Anda dimana ditarunya CD/ISO Windows XP dan Masukan Path (alamat) Drive USB Flashdisk Anda.
  3. Pilih Tab Format, Ada kriteria yang harus Anda ketahui sebelum mem-format USB Flashdisk Anda:
    • Untuk pengguna USB Flashdisk dengan kapasitas 1 s/d 2 GigaByte (GB), Anda harus menggunakan opsi "FAT 16 LBA".
    • Untuk pengguna USB Flashdisk dengan kapasitas 4 GigaByte (GB) atau lebih, Anda harus menggunakan opsi "FAT 32 LBA".
  4. Klik Next, kemudian proses peng-Copy-an akan segera berjalan.
  5. Jika Berhasil format USB Flashdisk Anda akan seperti gambar berikut :

0 komentar:

Post a Comment

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar tambah semangat Update nya, kalau ada link yang mati laporkan juga disini ya...

Template Design by riko-zone.blogspot.com